Tuesday 26 November 2013

PKT HARI INI, MANFAATNYA TAK PERNAH BERHENTI, SAMPAI KITA MATI

Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang-ulang. Karena itu, keunggulan bukanlah suatu perbuatan, melainkan sebuah kebiasaan. Ilmu pengetahuan selalu berubah, tumbuh, dan berkembang. Sebaliknya, kebiasaan adalah kaku, tetap, dan alami. Artinya, ilmu pengetahuan dan kebiasaan saling berlawanan. Hal ini akan terus-menerus terjadi dalam kehidupan kita. Dengan itu, kita diwajibkan mampu berkebiasaan yang mampu membawa kita pada masa depan yang cemerlang.


Tak banyak sekolah yang menyadari pentingnya hal tersebut. Namun tidak demikian dengan SMP SintCarolus yang menyediakan hari dimana siswa-siswi diberikan materi untuk lebih focus pada pengajaran mengenai kebiasaan yang baik, dimulai dari halsederhana. Namun hal sederhana tersebutakan sukar dijalani jika tidak terbiasa. Sebut saja disiplin, dan mandiri yang sudah menjadi cerminan dari SMP SintCarolus dan anak didiknya.


Selain itu pula, dalam PKT kita bias mengoreksi diri kita secara pribadi dengan adanya pertanyaan refleksi diri. Dari situ, kita bias tahu, apakah kita sudah dapat dikatakan “tuntas” dalam hal kebiasaan, dan dapatkah kebiasaan yang sudah kita jalani mampu membawa kita pada hal yang membanggakan dan berguna bagi sesama? Sebagai remaja, yang masih berada pada fase labil dan pencarian jati diri, seorang siswa/siswi pun penting mendapatkan pengajaran mengenai pemilahan sesuatuhal yang baik dan buruk. Dalam arti mampu berpikir kritis, dewasa, dan tidak lagi seperti pemikiran anak balita. Seorang remaja harus mampu memilah yang baik dan buruk dengan tujuan mampu menjauhi hal-hal buruk (negative), dan mengejar hal-hal baik (positif) sehingga masa depan seorang remaja dapat terencana kearah yang membanggakan.


Oleh sebab itu, keberhasilan seorang murid juga bergantung dengan kebijakan yang diberikan oleh sekolah atau guru yang mengajar serta respon yang antusias dari murid. PKT hari ini, manfaatnya tak pernah berhenti, sampai kita mati!! ^_^

No comments:

Post a Comment